The Inspired Table Food Photography and Styling Workshop





Banyak orang yang bertanya-tanya apakah kualitas sebuah foto dapat memengaruhi penjualan produk? Pada tahun 2018 ditemukan sebuah fakta bahwa foto dapat meningkatkan transaksi sebesar 22,85% di salah satu perusahaan start up Indonesia. Selain itu, 70,4% menu pada perusahaan start-up tersebut memiliki angka pemesanan yang lebih tinggi setelah ditambahkan foto produk yang ditawarkan.

Melihat fakta-fakta tersebut, kali ini Fish Wow Cheeseee (FWC) bekerja sama dengan @finayudharismancom dan Food Blogger & Founder @duniakulinerbdg menyelenggarakan kegiatan ‘The Inspired Table-Food Photography & Styling Workshop’ di Fish Wow Cheeseee, Jalan Lombok No.30, Bandung, pada 9 Februari 2019.

Dalam pemaparannya, Food Blogger & Founder @duniakulinerbdg, Victor Hamdani dan Ranie Esem mengatakan bahwa tidak hanya menggunakan kamera profesional, kini kamera hand phone juga dapat menghasilkan foto yang menarik. Tentunya, ada beberapa elemen yang perlu diperhatikan, seperti pencahayaan. “Cahaya itu penting. Dengan bantuan cahaya yang natural, Anda dapat menghasilkan warna foto yang sesuai produk asli dari makanan tersebut,” jelas Ranie dalam acara yang dimulai tepat pukul 10.00 WIB tersebut.




Selain cahaya, elemen penting lain dalam fotografi makanan adalah menentukan konsep yang ingin ditampilkan. “Misalnya, kita dapat menghadirkan konsep dengan hiasan-hiasan natal, jika akan memotret kue natal yang hanya diproduksi pada waktu tersebut,” tutur Victor. Pemilihan konsep yang matang akan membuat foto menjadi lebih menarik dan menggugah selera.

Setelah menentukan konsep yang matang untuk ditampilkan, kini saatnya menentukan brand image dari foto yang ditampilkan. Salah satu contohnya, sebagai pelaku bisnis kita dapat menentukan makanan yang akan dipasarkan cocok untuk dikonsumsi saat diet, mengerjakan tugas atau berkumpul bersama orang-orang terkasih. “Keseluruhan hal tersebut dapat kita visualisasikan melalui sebuah foto,” ujar Ranie.




Selanjutnya, yang perlu diperhatikan juga adalah pemilihan angle. Secara umum ada dua angle yang biasa digunakan saat memotret makanan, yaitu eye level dan flat lay. Pada praktiknya, eye level memposisikan kamera sejajar dengan objek, sehingga foto akan terlihat datar. Angle ini digunakan apabila kita ingin mengekspos tinggi makanan yang kita foto. Misalnya, daging dan sayuran yang bertumpuk dari hamburger atau lapisan cake yang juga bertumpuk dengan cream putih di antara lapisannya. Sedangkan, flat lay adalah gaya fotografi dengan cara membidik beberapa objek baik makanan atapun produk lainnya melalui jepretan kamera dari atas ke bawah lurus 90 derajat. Objek foto tentunya diletakan di permukaan datar (flat) yang menghadap ke arah kamera.

 

Saatnya Praktik: Food Photography

 


Setelah mendapatkan pemaparan materi selama kurang lebih satu jam, seluruh peserta yang hadir mendapat kesempatan untuk belajar memotret makanan yang didampingi langsung oleh Ranie & Victor. Kali ini, seluruh peserta dibagi ke dalam 5 kelompok yang masing-masing terdiri dari 10 orang. Kemudian, secara bergiliran setiap kelompok mengambil gambar menu-menu makanan dari Fish Wow Cheeseee yang telah disediakan.

Setelah selesai mengambil gambar, setiap peserta yang hadir langsung mem-posting hasil gambarnya ke akun media sosial masing-masing dengan menyertakan hashtag “TheInspiredTableFwc”. Dari keseluruhan hasil foto yang telah di unggah di media sosial tersebut akan dipilih lima orang terbaik yang akan mendapatkan hadiah voucher senilai Rp100.000,00 dari Fish Wow Cheeseee di akhir acara.



Acara ‘The Inspired Table-Food Photography & Styling Workshop’ dihadiri oleh 50 orang peserta dari pelaku bisnis online di Bandung. Dengan biaya investasi sebesar Rp85.000,00 setiap peserta sudah berkesempatan untuk menghadiri sharing session bersama Founder & Food Blogger @duniakuliderbdg dan Blogger Fina Yudharisman sambil menikmati satu porsi Fish & Chips with Sauce Tartar dan Sweet Ice Tea.




@duniakulinerbdg merupakan salah satu food blogger yang telah merintis karirnya sejak tahun 2013 dan saat ini memiliki 319K followers di akun instagramnya. Sedangkan Fina Yudharisman juga merupakan salah satu blogger Bandung yang kini tidak hanya aktif di media sosial, tetapi juga aktif menyelenggarakan berbagai acara edukasi bagi komunitas-komunitas di Bandung.


Menurut Media Relations CRP Group, Jelita Pramesti acara ini juga merupakan wadah bagi teman-teman untuk bersilaturahmi sesama pelaku bisnis online dan belajar mengenai fotografi makanan. “Kami berharap dengan adanya acara ini, para peserta dapat terinspirasi kemudian menghasilkan foto produk yang dapat menarik perhatian calon pembelinya,” pungkas Jelita.

 

Sumber : https://www.citarasaprima.com/corporate-news/the-inspired-table-serunya-belajar-seni-memotret-makanan

 

Related Posts