Kelas Persiapan Persalinan: Membangun Keluarga Berkesadaran Melalui Gentle Birth



Yello Hotel, Bandung. Sabtu, 2 Maret 2019 

Acara “Kelas Persiapan Persalinan: Membangun Keluarga Berkesadaran Melalui Gentle Birth” telah sukses diselenggarakan pada hari Sabtu, 2 Maret 2019 di Yello Hotel Paskal Bandung. Acara yang merupakan kolaborasi dari @finayudharismancom (FYcom) dan Birth I’m With U (BIMU) ini dihadiri oleh 22 pasang ibu hamil beserta pendampingnya. Para pendamping ibu hamil ini bukan hanya para suami, melainkan juga para calon nenek alias ibu atau mertua ibu hamil. 

Acara yang berlangsung dari pukul 09.00 hingga 18.00 diisi oleh para pakar dan praktisi terkait kehamilan dan persalinan. BIMU menghadirkan timnya yang terdiri dari Irma Syahrifat, Sinta Joyosumarto, dan Natasha Samosir berbagi mengenai seluk beluk persalinan. Serta hadir pula dr. Mulyanusa A. Ritongan, Sp.OG (K), M.Kes yang merupakan dokter spesialis kandungan konsulen fertilitas endokrinologi dan reproduksi.



Meskipun berdurasi seharian, namun peserta dari awal hingga akhir acara menunjukkan antusiasme yang tinggi selama mengikuti acara. Acara ini dibagi menjadi 5 sesi. Sesi pertama bertema Persalinan Holistik. Pada sesi ini tim BIMU memperkenalkan Gentle Birth, di mana ditekankan bahwa Gentle Birth  bukan merupakan metode, melainkan sebuah filosofi atau pemikiran.  Untuk itu Gentle Birth bisa dilakukan dengan berbagai metode persalinan baik itu melalui vagina tanpa atau dengan induksi, bahkan melalui operasi Caesar selama dijalani dengan penuh kesadaran diiringi pemberdayaan diri. Diperkenalkan pula 3 elemen Gentle Birth yaitu “Mimpikan, Usahakan, Lepaskan”. Ketiga elemen ini dijabarkan secara rinci mulai dari bagaimana memahami rasa, respon, dan kebutuhan diri, pentingnya pemberdayaan diri, birth plan, serta jalan lahir dan optimalisasi posisi janin. 

Sesi kedua diisi oleh dr. Mulyanusa A. Ritongan, Sp.OG (K), M.Kes yang memaparkan tentang Kesehatan dalam Kehamilan. Beliau menjelaskan tentang perubahan fisik selama kehamilan, pentingnya nutrisi seimbang ibu hamil, serta pentingnya pemeriksaan antenatal. 




Setelah istirahat makan siang, acara dilanjutkan sesi 3 dengan tema Persalinan 101. Pada sesi ini dibahas secara lengkap mulai dari kerja otak dan hormon selama persalinan, memahami tanda persalinan, serta tahapan persalinan dan cara mengatasinya dengan tenang. Agar peserta lebih menghayati materi ini, dilakukan pula berbagai simulasi yang melibatkan ibu hamil dan pasangan sehingga suasana semakin hidup. Tak hanya itu, peserta pun menuliskan berbagai harapan serta afirmasi positif proses persalinan yang kemudian diungkapkan kepada pasangannya yang membawa suasana menjadi begitu haru dan intim. 




Sesi 4 merupakan salah satu sesi yang ditunggu-tunggu karena Finna Yudharisman dan Agianda Melzendhy sebagai pelaku Gentle Birth berbagi mengenai pengalaman mereka. Mereka berbagi mengenai mimpi mereka serta upaya-upaya yang dilakukan sebagai wujud memberdayakan diri dalam menyambut kehadiran anak mereka. Pengalaman indah dan menyenangkan mereka selama kehamilan hingga persalinan menjadi konfirmasi bahwa pemberdayaan diri merupakan sesuatu yang patut diperjuangkan. Transformasi setelah menjadi orang tua pun menjadi topik yang diangkat dalam sesi ini. 




Sesi terakhir yaitu sesi 5 merupakan puncak dari keseluruhan acara karena peserta mempraktikkan berbagai gerakan yang mendukung proses persalinan, serta teknik pernapasan dan relaksasi. Kemudian peserta saling mengungkapkan hal-hal terpenting yang ingin mereka capai dalam berkeluarga kepada pasangannya. Suasana intim bercampur haru menyelimuti seisi ruangan. Oksitoksin membanjiri setiap peserta yang hadir. Di akhir acara, perwakilan peserta mengungkapan kesan mendalam serta pembelajaran yang mereka peroleh dari acara ini. Persalinan indah, nyaman, minim rasa sakit dan trauma menjadi impian setiap pasangan yang hadir diamini bersama oleh setiap orang yang hadir di ruangan itu. 




Akhir kata, tim FYcom selaku penyelenggara mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh narasumber dari tim BIMU dan dr. Mulyanusa A. Ritongan, Sp.OG (K), M.Kes. Serta para sponsor Teman Bumil, Brawijaya Clinic, Pramita Lab, Mikhadou, Satu Nafas, Kijani Indonesia, dan Bebibayt. Pendukung acara oleh Botanina, Mothercare, Ouw BakedgoodsMamangemil, Batagor Hanimun, Rahsa Nusantara, Maison Elmesa, Mom n Jo, DeNu Cokelat, Mamabear, Mamaayu ID, Jagapati.com. Serta rekanan media The Urban Mama, Ayo Bandung.com, Haibunda.com, keselamatankeluarga.com. Tanpa bantuan dari seluruh pihak, acara ini tidak akan berjalan lancar. Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya juga kepada 22 pasang peserta atas semangat belajarnya menuju keluarga berdaya dan berkesadaran.

Acara “Kelas Persiapan Persalinan: Membangun Keluarga Berkesadaran Melalui Gentle Birth” menjadi bukti nyata bahwa keluarga muda di Indonesia terus memberdayakan diri mereka dengan wawasan dan keterampilan baik formal maupun non-formal guna menunjang peran mereka sebagai orang tua yang menjadi penentu kualitas generasi masa depan Indonesia.


Tim finayudharisman.com 

Related Posts